Interpol dan Seluk Beluknya

Saudara tentu pernah mendengar kata Interpol, namun apakah saudara sudah tahu apa sebenarnya Interpol itu? Ya, bagi anda yang sudah tahu dapat dipastikan tidak akan mengunjungi blog ini :) Tapi pada postingan kali ini saya mau mencoba menjelaskan apa itu Interpol dan apa itu Interpol Notice.


Interpol adalah organisasi yang dibentuk untuk mengadakan hubungan kerjasama antar kepolisian di seluruh dunia. Interpol dibentuk pada tahun 1923 dengan nama International Criminal Police Commission yang kemudian pada tahun 1956 berubah nama menjadi International Criminal Police Organization. Sebagian dari kita tentu mengira bahwa Interpol=International Police (termasuk saya sebelumnya). Teernyata, International Police adalah sebuah organisasi yang berfungsi untuk melakukan tugas-tugas kepolisian di negara yang dilanda perang dan sangat berbeda dengan Interpol.


Dalam melaksanakan tugasnya, Interpol dapat mengeluarkan tujuh jenis pernyataan menyangkut targetnya. Pernyataan Interpol atau yang disebut Interpol Notice adalah pemberitahuan internasional yang dikeluarkan oleh Interpol untuk berbagi informasi kepada seluruh anggotanya.


Inilah jenis-jenis Interpol Notice:


- Red Notice 
Adalah permintaan penangkapan orang yang diinginkan,dengan maksud untuk ekstradisi. Interpol Red Notice adalah instrumen paling dekat dengan surat perintah penangkapan internasional yang digunakan saat ini. Akan tetapi Interpol tidak memiliki wewenang untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan dalam arti kata formal, karena ini adalah wilayah dari anggota negara yang berdaulat.
Blue Notice
Adalah permintaan informasi tentang seseorang dalam hubungannya dengan kejahatan.
Green Notice
Berguna untuk memberikan peringatan dan intelijen kriminal tentang orang yang telah melakukan tindak pidana dan cenderung untuk mengulangi kejahatan ini di negara lain.
- Yellow Notice
Meminta bantuan mencari orang hilang (biasanya anak di bawah umur) atau mengidentifikasi orang yang tidak mampu untuk mengidentifikasi diri.
- Black Notice
Untuk mencari informasi pada badan tak dikenal.
Orange Notice
Untuk memperingatkan polisi dan organisasi internasional lainnya tentang potensi ancaman dari senjata yang disamarkan, bom parselatau bahan berbahaya lainnya.
- Yang terakhir, dan satu-satunya yang tak dinamai dengan jenis-jenis warna adalah Interpol-United Nations Security Council Special Notice
Dikeluarkan untuk kelompok dan individu yang menjadi sasaransanksi PBB melawan Al Qaeda dan Taliban. Ini diciptakan pada tahun 2005 atas permintaan Dewan Keamanan PBB melalui adopsi resolusi 1617 dan dilaksanakan melalui penerapan resolusi INTERPOL AG-2005-RES-05.

Itulah sekilas yang dapat saya bagikan untuk membantu saudara mengetahui apa itu Interpol dan jenis-jenis pemberitahuannya. Semoga bermanfaat!
 
http://matahatibangsaku.blogspot.co.uk/2011/06/interpol-dan-seluk-beluknya.html
First


EmoticonEmoticon